Mengenal Lebih Dekat Kecamatan Ajibarang

Mengenal Lebih Dekat Kecamatan Ajibarang
Mengenal Lebih Dekat Kecamatan Ajibarang

Ajibarang.com – Kecamatan Ajibarang selalu menjadi trending topic pada setiap momentum mudik atau arus balik lebaran. Kota kecil di wilayah Banyumas Barat ini titik temu hampir seluruh kendaraan yang yang akan melintas ke Jakarta. Maka tak heran jika Ajibarang kerap kali menjadi titik pusat kemacetan ketika menjelang atau pun pasca lebaran.

Namun jika kita bicara soal Ajibarang, itu bukan hanya soal kemacetan saat mudik dan arus balik lebaran saja loh? Kecamatan kecil ini menyimpan banyak sekali cerita dan kisah-kisah unik dengan segala potensinya yang patut anda ketahui, yuk kita lebih dekat mengenal Kecamatan Ajibarang.

Kecamatan Ajibarang merupakan salah satu kecamatan yang yang ada di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Kecamatan ini terletak di wilayah Banyumas bagian barat, berbatasan dengan kecamatan Pekuncen, Gumelar, Wangon, Purwojati dan Cilongok. Oke, kita awali perkenalan ini dengan membahas sejarah Ajibarang.

Sejarah Ajibarang

Terdapat banyak sekali cerita rakyat tentang asal usul nama Ajibarang yang telah tersebar dari mulut ke mulut, namun sangat sedikit catatan yang menjelaskan tentang sejarah Ajibarang. Yang paling mashur tentu kisah tentang Adipati Munding Wilis dan Jaka Mruyung dari negeri Galuh Pakuan, dengan kesaktiannya berhasil membabat hutan pakis aji yang kini menjadi Ajibarang.

Kisah tentang Jaka Mruyng dan Adipati Munding Wilis tersebut tercatat di dalam buku Banyumas Wisata dan Budaya karya M Kodari yang diterbitkan oleh CV Metro Jaya Purwokerto oada tahun 1991 di halaman 94 dengan judul Asal Mula Kota Ajibarang.

Tak hanya menceritakan tentang asal usul Ajibarang, di dalam tulisanya M Kodari juga menuliskan tentang asal mula nama-nama daerah di sekitar wilayah Ajibarang seperti Gumelar, Pandansari, Gunung Putri, Tambakan, Pejalakan, Kutawera, Sawangan dan lain-lain, yang kemudian cerita ini terkenal dengan nama Babad Ajibarang.

Simpang 3 Ajibarang
Sumber : Antara Foto

Desa di Kecamatan Ajibarang

Sebagai kota Kecamatan, Ajibarang memiliki 15 desa yang masuk di dalam wilayah administratifnya, ke lima belas desa tersebut yaitu Desa Ajibarang Kulon, Ajibarang Wetan, Darmakradenan, Kracak, Ciberung, Pandansari, Tipar Kidul, Karang Bawang, Pancasan, Pancurendang, Lesmana, Kalibenda, Banjarsari, Sawangan dan Jingkang.

  1. Ajibarang Kulon
  2. Ajibarang Wetan
  3. Darmakradenan
  4. Kracak
  5. Ciberung
  6. Pandansari
  7. Tipar Kidul
  8. Karang Bawang
  9. Pancasan
  10. Pancurendang
  11. Lesmana
  12. Kalibenda
  13. Banjarsari
  14. Sawangan
  15. Jingkang

Wisata di Ajibarang

Kecamatan Ajibarang memiliki sejumlah tempa wisata yang cukup beranekaragam, dari mulai wisata alam, wisata buatan dan aneka tempat nongkrong yang lainnya seperti kafe, taman dan lain-lain. Berikut adalah sejumlah daftar tempat wisata atau nongkrong di wilayah Ajibarang.

  1. Taman Kota (Tamkot) Ajibarang

Taman kota atau tamkot Ajibarang terletak di pusat kota Ajibarang, tepatnya di depan pertigaan lampu merah Ajibarang. Layaknya taman, tamkot Ajibarang lokasinya cukup sejuk dan nyaman buat sekedar nongkorng, terdapat berbagai macam jajanan atau kuliner yang dijajakan di sekitar lokasi taman sehingga sangat mudah untuk mencari cemilan atau kopi sebagai teman nongkrong bersama teman-teman.

2. Embung Kanoman Pandansari

Embung Kanoman Pandansari terleat di Desa Pandansari Ajibarang, merupakan sebuah danau buatan yang awalnya berfungsi sebagai pusat irigasi untuk mengaliri area pesawahan yang ada di Desa Pandansari, namun lambat laun di sekiatar lokasi embung dibangun berbagai macam tempat hiburan seperti taman bermain anak-anak, kolam renang dan gedung aula untuk pertemuan.

3. Hutan Pinus Sawangan

Hutan Pinus Sawangan merupakan sebuah hutan pinus yang ada di Desa Sawangan Ajibarang, karena tempatnya yang sejuk dan pemandanganya yang indah, warga setempat menjadikannya sebagai tempat wisata alam. Hutan Pinus Sawangan atau HPS sangat cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong atau ngadem untuk melepas penat sambil bercengkerama dan ngopi di bawah hutan pinus yang rindang.

4. Dream Land Water Park

Dream Land Water Park merupakan salah satu taman bermain yang berkonsep wisata air terbesar di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tempat wisata air ini terletak di Desa Pancasan. Sebagai wisata air, Dream Land Water Park menyediakan berbagai macam wahana air dari mulai kolam renang dengan berbagai macam ukuran yang lengkap dengan prosotan nya dan lain-lain.

5. Taman Tirta Alami

Taman Tirta Alami merupakan kolam renang yang ada di Desa Pancasan Ajibarang. Meskipun tak lebih besar dari Dream Land Water Park, namun taman tirta alami ini merupakan salah satu kolam renang yang sudah cukup lama di Ajibarang. Taman ini sangat cocok bagi kamu yang hobi berenang atau ingin latihan renang karena HTM nya cukup murah.

Penutup

Demikian penjelasan singkat tentang Kecamatan Ajibarang, penulis menyadari bahwa artikel tentang mengenal lebih dekat Kecamatan Ajibarang ini masih belum lengkap oleh karena itu penulis memohon maaf yang sebesar besarnya kepada para pembaca sekalian karena ketidak lengkapan itu. Semoga bermanfaat dan terimakasih.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *